DIY Flash Gels

tumblr_inline_mi9h9jm1jr1qz4rgp
Saat Jakarta dilanda banjir kurang lebih sebulan yang lalu, kegiatan sehari-hari saya menjadi terganggu, yang seharusnya pagi-pagi biasanya saya pergi liputan atau berangkat ke kantor berganti jadi kegiatan duduk manis aja di rumah. Seharian bosan mondar-mandir tanpa pekerjaan yang jelas karena sesekali listrik juga padam, tapi sedikit bersyukur karena rumah saya tinggi jadi ga ada perkerjaan wajib serok-serok air keluar rumah.

Ditengah bosan yang membabi buta, tercetus ide cermerlang (menurut saya loh cemerlang). Saya tiba-tiba aja kepikiran mau buat DIY Photography Equipment, ya dimulai dari yang gampang-gampang aja DIY Flash Gels, sebenernya ini bukan ide baru sih, tapi namanya excited karena seumur-umur saya jarang buat prakarya-prakarya indah nan aduhai.

Kalau mau dibandingkan dengan harga beli jadi, DIY Flash Gels buatan sendiri jauh sangat lebih murah. Disalah satu website perlengkapan fotografi, harganya sekitar 60 ribu rupiah (yang paling murah) dengan beberapa warna gel, namun dengan membuat sendiri hanya diperlukan modal sebesar 3 ribu rupiah saja loh, itu untuk 6 warna (berhubung satu warna mika harganya 500 rupiah saja).

Alat-alat yang diperlukan:

Mika untuk jilid (bisa dibeli di tukang fotocopy terdekat) warnanya sebanyak-banyaknya;
Spidol atau bolpen (untuk mengukur bentuk flash yang kita punya);
Gunting dan;
Gelang yang terbuat dari karet atau kalau emang gak ada karet gelang pun jadi (untuk tempat memasukan/menyelipkan mika yang sudah jadi di flash).
Jadi deh kayak giniā€¦. lumayan buat main strobist.